Nama :
Eva Nurzanah
NPM :
113080107
Tingkat/Kelas: 4-D (Semester Tujuh)
Prodi :
Pendidikan Ekonomi
Mata kuliah : Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Dosen : Mohamad Joharudin, M.Pd
Pertemuan ke Enam
PROSES
BISNIS PADA MANAJEMEN PESANAN DAN REKENING PELANGGAN
Proses
bisnis pengelolaan pesanan pelanggan
Permintaan informasi dan pembuatan kontrak adalah aktivitas
pilihan. Kadang kadang aktivitas ini terjadi atau diperlukan dalam proses
bisnis pengelolaan pesanan pelanggan pada beberapa organisasi, tetapi ini tidak
penting pada beberapa pelanggan atau organisasi. Pengisian pesanan adalah
fungsi utama dari proses bisnis pengelolaan pesanan pelanggan. Pesan dibuat
ketika seorang pelanggan meminta barang atau jasa dari suatu perusahaan.
STANDAR
PEMROSESAN PESANAN PADA SAP R/3
Standar pemrosesan pesanan adalah
istilah yang menjelaskan proses bisnis pengelolaan pesanan yang pesanan
pelanggan dimasukkan dari persediaan barang jadi. Standar pesanan umum diterima
melalui telpon,fax,bagi penjualan atau voice mail. Pertama-tama diterbitkan
sebuah quotation untuk pelanggan. Jika ada quotation maka pesanan akan dibuat
jika pelanggan memerlukan pengiriman barang atau jasa. Standar pesanan
penjualan berisi informasi mengenai harga, jumlah,dan tanggal (tanggal
pengiriman yang diminta,tanggal penyerahan,dsb).
Sesudah suatu pesanan dibuat dan diproses dokumen delivery dibuat R/3
menghitung tanggal pengiriman yang diharapkan menggunakan tanggal pengiriman
dan waktu transit ke pelanggan. Data tersedia dalam record master pelanggan.
PENGENDALIAN
SIKLUS TRANSAKSI PADA PEMROSESAN PESANAN
Pengendalian
siklus transaksi didasarkan pada fungsi yang dipisahkan dalam suatu proses
bisnis.
Ø Memasukkan pesanan
Fungsi memasukkan pesanan (order entry) memulai proses
pesanan pelanggan dengan menyiapkan dokumen pesanan penjualan. Pesanan
penjualan berisi penjelasan mengenai produk yang dipesan,harganya dan data
deskriptif mengenai pelanggan seperti nama,alamat pengiriman dan jika diperlukan
alamat penagihan. Jika waktu antara penerimaan pesanan dengan pengiriman
sesungguhnya signifikan, maka pemberitahuan akan dikirimkan kepadapelanggan
untuk memberitahu bahwa pesanan telah diterima dan sedang dalam proses.
Ø Kredit
Kredit pelanggan yang masih ada
sebaiknya di verifikasikan terlebih dahulu ke bagian pengiriman barang. Untuk
pelanggan regular, pemeriksaan kredit meliputi menentukan jumlah total kredit
yang disetujui tidak melebihi otorisasi dari manajemen secara umum atau khusus.
Unuk pelanggan baru pemeriksaan kredit diperlukan untuk menentukan jangka waktu
penjualan kepada pelanggan.
Ø Barang jadi
Barang jadi diambil sesuai dengan
yang ada pada picking list. Picking list disiapkan dari dokumen pengiriman yang
disiapkan dengan database pesanan untuk memproses pesanan yang telah disetujui.
Ø Pengiriman
Bagian pengiriman menerima perintah pengiriman setelah cocok
dengan pesanan yang ada pada picking list bersama dengan barang yang dipesan
seperti yang ada pada daftar pengepakan barang. Informasi pesanan yang ada pada
daftar pengepakan disiapkan secara independen karena ia didasarkan pada pesanan
yang disiapkan oleh fungsi order entry dan disetujui oleh fungsi kredit.
Ø Penagihan
Penagihan merupakan proses terakhir
dari proses pesanan dengan menyiapkan faktur untuk pesanan yang tampak pada
daftar penagihan. Bagian penagihan melakukan verifikasi pesanan dan kemudian
menyiapkan faktur. Faktur berisi total pembayaran untuk jumlah kuantitas yang
dikirimkan,biaya angkut(jika ada) dan pajak (jika ada) . faktur dikirim ke
pelanggan.
Ø Piutang dagang dan buku besar
Perbedaan antara penagihan dan piutang dagang penting untuk
mempertahankan pemisahan fungsi . bagian penagihan bertanggung jawab untuk
membuat faktur pesanan secara individual dan piutang dagang menangani informasi
rekening pelanggan dan secara periodic mengirimkan laporan piutang dagang
kepada pelanggan.
PROSES
BISNIS MANAJEMEN AKUN PELANGGAN
Proses bisnis pengelolaan pesanan pelanggan mencakup
pemrosesan piutang dagang sampai pengumpulan pembayaran pelanggan pada
rekening, bagian ini membahas secara singkat proses bisnis penjualan tunai
karena kerap kali terintegrasi dengan proses pengumpulan pembayaran pelanggan.
Ø Piutang dagang
Piutang dagang mewakili uang yang dimiliki oleh pelanggan
untuk barang dan jasa yang telah dijual yang dimasukkan dalam rekening,karena
kebanyakan bisnis dilakukan secara kredit,pitang dagang sering kali mewakili
sejumlah besar modal kerja organisasi yang sangat penting pada proses bisnis
pengelolaan pesanan pelanggan.
Ada dua pendekatan dasar pada aplikasi piutang dagang yaitu:
1. Proses open item dan
2. Proses balance forward
Pada pemrosesan open item pencatatan
terpisah dikelola pasa sistem piutang dagang untuk setiap faktur yang belum
dibayar oleh pelanggan,jika pembayaran pelanggan diterima maka akan
dibandingkan dengan faktur yang belum dibayarkan. Pada pemrosesan balance
forward pembayaran dari pelanggan dibandingkan dengan total saldo
pelanggan yang masih ada dan bukan dibandingkan dengan faktur pelanggan secara
individu. Banyak bisnis menggunakan siklus perencanaan penagihan (cycle
billing plan. Dimana rekening piutang dagang dibagi secara
alphabet atau berdasarkan nomor rekening. Idenya adalah mendistibusikan laporan
yang disiapkan selama hari kerja pada setiap bulan.
Proses
bisnis kas yang diterima pada rekening
Proses
bisnis kas yang diterima pada rekening digunakan ketika pelanggan masih
memiliki saldo. Penerimaan kas pada rekening biasanya berasal dari pengiriman
surat atau dibayarkan seseorang ke kasir pusat atau cash window. Hal pokok yang
yang di ilustrasikan adalah pemisahan fungsi-fungsi berikut:
a. Mailroom
b. Penerimaan kas
c. Piutang dagang
d. Buku besar
e. Bank
f. Audit internal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar